Buku Kerja Guru: Tahun Ajaran Baru 2023

Buku Kerja Guru – Tahun Pelajaran 2023/2024. Revisi kurikulum ini mengharuskan para guru untuk dapat menyesuaikan pembuatan atau penyusunan Buku Kerja Guru. Buku Kerja Guru merupakan buku panduan yang dibuat untuk mengontrol kinerja seorang guru agar menjadi tenaga pendidikan yang berkualitas dan profesional.

Buku ini berfungsi sebagai perangkat administrasi yang wajib dimiliki oleh setiap guru. Dalam Buku Kerja Guru, terdapat berbagai instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Buku Kerja Guru biasanya terdiri dari empat jenis buku yang harus disiapkan: Buku Kerja Satu, Buku Kerja Dua, Buku Kerja Tiga, dan Buku Kerja Empat. Setiap jenis buku memiliki komponen dan isinya sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan tugas seorang guru.

1. Buku Kerja Satu:

Buku Kerja Satu berisi instrumen yang terkait dengan pengembangan kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Beberapa komponen yang terdapat dalam Buku Kerja Satu antara lain:

  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL): Merupakan gambaran kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan.
  2. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD): Menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa pada setiap mata pelajaran.
  3. Silabus: Merupakan rancangan pembelajaran yang menjelaskan materi, tujuan, dan strategi pembelajaran pada suatu mata pelajaran.
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Merupakan rencana detail tentang bagaimana pembelajaran akan dilaksanakan, termasuk tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian. RPP Bisa di Download pada link di bawah ini.
  5. Donload RPP KURIKULUM 2013 dan KURIKULUM MERDEKA

2. Buku Kerja Dua:

Buku Kerja Dua berisi instrumen yang terkait dengan tata tertib dan administrasi guru. Beberapa komponen yang terdapat dalam Buku Kerja Dua antara lain:

  1. KodeEtik Guru: Menjelaskan etika dan norma-norma yang harus ditaati oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya. File Kode Etik Guru Disini
  2. Ikrar Guru: Merupakan janji atau sumpah seorang guru untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi.
  3. Tata Tertib Guru: Berisi aturan dan tata cara yang harus diikuti oleh guru dalam menjalankan tugasnya di sekolah.
  4. Pembiasaan Guru: Merupakan hal-hal yang menjadi kebiasaan atau praktik baik yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya.
  5. Kalender Pendidikan: Menjelaskan jadwal kegiatan pendidikan yang harus diikuti oleh guru.
  6. Analisis Alokasi Waktu: Merupakan analisis tentang bagaimana waktu yang ada dapat dialokasikan dengan efektif untuk pembelajaran.

3. Buku Kerja Tiga:

Buku Kerja Tiga berisi instrumen yang terkait dengan administrasi kelas dan penilaian siswa. Beberapa komponen yang terdapat dalam Buku Kerja Tiga antara lain:

  1. Daftar Hadir Siswa: Merupakan catatan kehadiran siswa dalam setiap sesi pembelajaran.
  2. Daftar Nilai Siswa: Berisi catatan nilai siswa pada setiap mata pelajaran.
  3. Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial: Merupakan instrumen untuk menilai sikap dan perilaku siswa dalam aspek spiritual dan sosial.
  4. Analisis Hasil Penilaian: Merupakan analisis terhadap hasil penilaian siswa untuk mengevaluasi kemajuan belajar mereka.
  5. Program Remedial dan Pengayaan: Merupakan program tambahan yang diberikan kepada siswa yang memerlukan bantuan khusus atau siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.
  6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa: Merupakan daftar buku yang digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran.
  7. Jadwal Mengajar Guru: Menjelaskan jadwal mata pelajaran dan kegiatan lain yang akan dilakukan oleh guru.
  8. Kumpulan Kisi-Kisi Soal dan Soal: Merupakan kumpulan kisi-kisi soal dan soal untuk persiapan ujian atau evaluasi siswa.
  9. Analisis Butir Soal: Merupakan analisis terhadap soal-soal yang digunakan dalam penilaian untuk mengetahui tingkat kesukaran dan daya pembeda soal tersebut.
  10. Perbaikan Soal: Merupakan proses perbaikan atau penyempurnaan soal berdasarkan hasil analisis butir soal.

4. Buku Kerja Empat:

Buku Kerja Empat berisi instrumen yang terkait dengan evaluasi dan pengembangan diri seorang guru. Beberapa komponen yang terdapat dalam Buku Kerja Empat antara lain:

  1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru: Merupakan instrumen untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja seorang guru.
  2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru: Berisi rencana dan langkah-langkah yang akan diambil oleh seorang guru berdasarkan hasil evaluasi diri untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerjanya.

Untuk administrasi lengkapnya dalam bentuk File Document, akan di upload pada postingan berikutnya. untuk itu jangan lupa untuk Ikuti du-ki.com untuk selengkapnya

Dengan memiliki Buku Kerja Guru yang lengkap dan terstruktur, seorang guru dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih teratur, efisien, dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Buku Kerja Guru membantu guru dalam perencanaan pembelajaran, administrasi kelas, penilaian siswa, serta pengembangan diri sebagai pendidik yang profesional.

Pendidikan memegang peranan penting dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh suatu bangsa. Untuk itu, perubahan kurikulum menjadi langkah yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap sistem pendidikan yang lebih efektif, efisien, dan berhasil guna, diharapkan bangsa ini dapat mencapai kemajuan yang lebih baik. Melalui kurikulum, kepala sekolah, guru, dan peserta didik memiliki peluang untuk melakukan inovasi dan improvisasi di sekolah, terutama dalam hal pembangunan manajerial dan lain sebagainya, yang tumbuh dari aktivitas, kreativitas, dan profesionalisme yang dimiliki.

Dengan adanya perubahan kurikulum ini, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat mencapai tujuannya dengan lebih baik. Guru-guru diharapkan dapat mengimplementasikan kurikulum yang baru dengan memahami dan mengaplikasikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam buku kerja mereka. Melalui upaya ini, diharapkan peserta didik dapat menerima pendidikan yang berkualitas, yang akan membantu mereka menghadapi tantangan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

3 komentar untuk "Buku Kerja Guru: Tahun Ajaran Baru 2023"

Comment Author Avatar
Artinya sekarang guru guru harus membuat buku kerja ya
Comment Author Avatar
setiap tahun ajaran baru, guru harus membuat buku kerja, ini penting sebagai persiapan tahun ajaran baru, dan juga untuk meningkatkan pemahaman guru, dan juga sebagai analisis pencapaian hasil pembelajaran dan pembelajaran pada semester sebelumnya.
Comment Author Avatar
Trimakasi bang.. ijin download­čÖĆ

Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini, semua komentar dan saran yang membangun, akan dijadikan pertimbangan untuk perbaikan isi blog dan pengembangan materi blog dimasa mendatang. salam du-ki.com