Membuat CV yang Baik dan Benar

 du-ki.com - Membuat CV yang baik dan benar merupakan sebua nilai tambah dalam kita melamar suatu pekerjaan. Curriculum Vitae atau disingkat CV merupakan dokument penting yang harus dibuat dengan baik dan benar sebelum kita melamar suatu pekerjaan. 

Seorang pelamar yang ingin melamar pekerjaan yang diinginkannya haruslah membuat CV yang baik dan benar, karna dengan adanya CV yang baik dan benar akan memudahkan kita menjabarkan prestasi akademik bahkan prestasi profesional lainya yang kita miliki. 

Dengan begitu, pihak Penerima Lamaran Kerja akan dengan mudah memahami prestasi akademik dan profesional yang kita miliki. sehingga membuka peluang besar bagi kita untuk dapat diterima bekerja.

CV yang baik dan benar perlu memperhatikan pengisian  data diri yang jelas dan jujur dalam penulisannya. 

Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, membuat CV kini bisa kita buat dengan mudah dan dengan waktu yang singkat, CV yang dihasilkan pun dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita. membuat CV dengan Laptop mungkin sudah lumrah. sekarang ini kamu bisa membuat CV yang baik dan benar hanya dengan menggunakan HP, bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja baik online maupun ofline. 

Salah satu perkembangan teknologi yang dapat kita manfaatkan untuk membuat CV yang baik dan benar dengan berbagai macam Format CV profesional sudah tersedia dengan bantuan aplikasi CANVA. dalam aplikasi tersebut, ada berbagai macam contoh Format CV yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita. 

Sebelum membuat CV yang beik dan benar, mari perhatikan data yang wajib ditulis dengan jujur.

Data CV yang wajib ditulis dengan jujur dan benar

  1. Data diri yang dimaksud (Nama harus di tulis dengan Jelas dan Lengkap tanpa disingkat, tempat dan tanggal lahir harus sesuai dengan data Identitas Kependudukan, alamat pelamar, nomor/kontak seperti Nomor HP dan alamat Email untuk mempermudah kita dihubungi)
  2. Riwayat Pendidikan yang kita miliki. Cantumkan Riwayat Pendidikan terakhir bersama dengan gelar yang kita punya. 
  3. Pengalaman kerja mencangkup semuah pengalaman kerja yang pernah kita tempati, lama kita bekerja, posisi atau jabatan pada pekerjaan kita sebelumnya, nama organisasi tempat kita bekerja sebelumnya, catatan kita bekerja apakah sukarelawan atau magang.
  4. keterampilan lainnya yang kita miliki, yang memuat keahlian dan keterampilan lainnya yang kita miliki selain keterampilan berdasarkan pendidikan kita. (dapat berbahasa asing, keterampilan mengoperasikan Komputer, keterampilan mengoperasikan alat tertentu, keterampilan desain dengan berbagai aplikasi, dan keterampilan-keterampilan lainnya).
Membuat CV dengan Canva
Untuk dapat menggunakan Canva dalam membuat CV, kamu bisa menggunakan Canva baik dari HP ataupun Laptop. Canva dapat kamu gunakan secara gratis untuk membuat CV, tapi alangkah baiknya kamu gunakan kanva dengan cara login atau registrasi ke Canva dengan alamat Email yang kamu miliki, supaya semua desain yang kamu buat bisa tersimpan di akun kamu untuk bisa digunakan lagi atau dapat dibagikan ke teman lainnya. 

Cara membuatnya juga terbilang gampang, kamu hanya perlu:
  1. Buka aplikasi canva
  2. Temukan/cari tepmplate CV pada menu pencarian, dengan kata kunci CV/Resume
  3. Pilih templase ssesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Edit data sesuai dengan data diri kamu dengan jelas dan jujur
  5. Setelah selesai membuat CV yang kamu inginkan, kamu bisa menyimpan/print/atau download CV yang sudah kamu buat pada tombol Share di pojok kanan atas aplikasi Canva, berikut pilih menu Download, dan selesai
itulah penjelasan singkat mengenai Membuat CV yang baik dan benar dengan bantuan Canva, sehingga kamu lebih muda diterima dalam melamar kerja. semoga ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat CV yang Baik dan Benar"